Pengertian Agama Islam Lengkap

Secara etimologis (asal kata, lughawi) kata "Islam" berasal dari salima Arab yang berarti selamat. Aslama bentuk kata yang berarti disediakan atau tunduk dan patuh. Sebagai kata-kata Allah:
"Sebenarnya, yang aslama (disampaikan) kepada Allah, itu baik, maka pahalanya dengan Tuhan mereka, dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak bersedih hati" (QS 2: 112).
kata aslama yang terbentuk dari kata Islam. Pengikut disebut Muslim. Orang-orang yang memeluk Islam berarti runimas menyerahkan diri kepada Allah dan siap untuk mematuhi ajaran-ajarannya.


Hal yang sama dikatakan Hammudah Abdalati. Dia mengatakan kata "Islam" berasal dari akar kata bahasa Arab, SLM (Sin Lam Mim) yang berarti damai, kemurnian, menyerah dan penyerahan.
Dalam arti agama, menurut Abdalati, memahami Islam adalah "tunduk kepada kehendak Allah dan tunduk pada hukum Allah" (penyerahan kepada kehendak Allah dan ketaatan kepada hukum-Nya).
Hubungan antara makna dan pemahaman agama asli dari kata Islam yang keras dan jelas. Hanya melalui pengajuan kepada kehendak Allah dan penyerahan hukum, seseorang dapat mencapai kedamaian sejati dan menikmati kesucian abadi.
Ada juga pendapat, yang membentuk akar kata dari kata "Islam" setidaknya empat terkait satu sama lain.
Aslama. Ini ditinggalkan. Orang-orang yang masuk Islam cara pergi ke Allah SWT. Dia sudah siap untuk mematuhi ajaran-ajarannya.
Salima. Ini berarti selamat. Orang-orang yang masuk Islam, hidupnya akan aman.
Sallama. Ini berarti bahwa penyelamatan orang lain. Sebuah kehidupan umat Islam tidak hanya diri sendiri, tetapi juga harus menyelamatkan orang lain (pekerjaan misionaris atau "amar ma'ruf nahyi jahat).
Hormat. Aman, damai dan sejahtera. Sebuah kehidupan yang damai sejahtera akan dibuat jika para pengikut Islam dan pelaksanaan asalama Sallama.


Islam pemahaman: terminologis
Dalam terminologi (kata signifikan) bisa mengatakan, Islam adalah agama jiwa wahyu monoteisme atau keesaan Tuhan diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan yang terakhir berlaku untuk semua manusia, di mana dan ketika, yang ajarannya mencakup semua aspek kehidupan manusia.
Sejumlah ahli dan peneliti yang telah mencoba merumuskan definisi atau memahami Islam dalam terminologi. KH Endang Saifuddin Anshari mengaku, setelah mempelajari sejumlah formula untuk agama Islam, dan analisis telah dibuat dan menyimpulkan pemahaman Islam, bahwa Islam adalah:
Diurunkan diwahyukan Allah kepada Rasul-Nya untuk menyampaikan kepada seluruh umat manusia dari segala zaman dan semua Persada.
Sebuah sistem kepercayaan dan tata pengaturan yang mengatur kehidupan manusia dan mata pencaharian di berbagai hubungan: dengan Tuhan, dengan manusia lain, dan alam lainnya.
Tujuan: ridha Allah, berkat bagi seluruh alam semesta, kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Secara terdiri dari keyakinan dan syariatm moral.
Bersumberkan Quran kitab suci yang merupakan kodifikasi ayat-ayat Allah dengan Nabi Sunnah ditafsirkan pelengkap wahyu sebelumnya.


universalitas Islam
Islam adalah agama universal, ajaran yang mencakup semua aspek dari gaya hidup manusia di semua tempat dan waktu. Islam adalah agama yang memiliki keseimbangan arah dalam hidup, kehidupan dunia dan akhirat. Penamaan Islam sebagai agama, diberikan oleh Allah melalui wahyu-Nya (Quran). Sementara itu, penamaan agama lain berkembang di dunia selalu diidentikkan dengan orang atau karakter yang membawa ajaran atau wilayah di mana agama itu lahir.
terintegritas universalisme Islam dan dikodifikasi dalam iman, Syariah dan moral. Antara kedua ada anggapan atau hubungan saling terkait dan semua fokus dan menuju kesatuan Tuhan atau tauhid. Ajaran tauhid adalah inti, awal dan akhir sel

0 Response to "Pengertian Agama Islam Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel